Mukaddimah

Bahwa Asosiasi Profesi merupakan satu wadah organisasi atau himpunan orang perseorangan terampil dan atau ahli, yang antara lain tugasnya melakukan pembinaan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan keahlian bagi anggota-anggotanya, maka kami memandang perlu untuk mendirikan satu asosiasi profesi yang begerak di bidang jasa konstruksi.

Asosiasi Profesi

Asosiasi profesi, mengingat kembali kalimat William Smith, sebenarnya tak lain dari bentuk formal pertemanan antara orang-orang seprofesi. Karena bentuknya yang formal, maka asosiasi profesi biasanya mempunyai aturan-aturan, kode etik & syarat keanggotaan.

Program Kerja

Bahwa pada umumnya tujuan organisasi kemasyarakatan adalah berupaya secara bersama-sama untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Demikian pula Himpunan Ahli Teknik Konstruksi Indonesia ( HATSINDO ) mempunyai tujuan yang serupa. Sejarah asosiasi perusahaan di Indonesia sebenarnya sudah cukup lama adanya, dan malahan sudah ada sejak orde baru. Namun asosiasi ini mulai tumbuh secara pesat semenjak keluarnya Undang-Undang Jasa Konstrukti No. 18/1999 beserta peraturan pemerintah pendukungnya yaitu PP.28, 29 dan 30 yang diterbitkan pada tahun 2000.

Mengacu pada UU No. 18/1999 beserta PP pendukungnya memang tampak jelas, baik secara tersirat maupun tersurat bahwa aturan dan peraturan tersebut diatas dikeluarkan dalam rangka memberikan akses / kebebasan seluas-luasnya kepada organisasi profesi dan perusahaan Jasa Konstruksi untuk tumbuh dan berkembang sebaik-baiknya dalam koridor hokum yang diperbolehkan. Muaranya adalah untuk dan demi kesejahteraan rakyat banyak, bangsa dan Negara serta Negara Kesatuan Republik Indonesia yang di Ridhoi Allah SWT.

  • Terbinanya disiplin kelembagaan, rasa kesetiakawanan dan kepercayaan pada seluruh anggota HATSINDO.
  • Pengelolaan Keuangan secara disiplin, terbuka dan akuntabel.
  • Terwujudnya pola pandang / pola tindak yang berwawasan jauh kedepan.


Peningkatan SDM
Peningkatan Sumber Daya Manusia merupakan bagian yang sangat penting dalam rangka peningkatan kinerja Kontraktor , untuk itu perlu dipikirkan suatu system dan pemagangan serta pelatihan yang betul-betul sesuai dengan kebutuhan Kontraktor Nasional.

Agar para anggota dapat merasakan manfaatnya sebagai Anggota HATSINDO maka perlu diberikan pelayanan yang lebih kepada para anggotanya, yaitu dengan cara menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan para anggotanya meliputi :

  • Penyuluhan
  • Pelatihan
  • Kursus
  • Seminar
  • Informasi Peluang Usaha
  • Keberadaan HATSINDO melalui media massa.

0 comments:

Post a Comment



 

different paths

college campus lawn

wires in front of sky

aerial perspective

clouds

clouds over the highway

The Poultney Inn

apartment for rent